3 Mainan Pendukung Perkembangan Anak Usia 6 Bulan

By December 10, 2017 Kesehatan No Comments

Jenis mainan untuk bayi dan anak-anak saat ini sangat beragam. Satu hal yang perlu diperhatikan orang tua ketika memilih mainan untuk bayi usia 6 bulan adalah keamanan mainan tersebut. Jangan sampai bayi terluka atau tersedak mainan yang diberikan orang tua. Selain itu, jenis mainan yang dipilih harus mendukung perkembangan bayi usia 6 bulan. Faktor lain yang harus diperhatikan saat memilih mainan adalah bahan mainan. Hindari memilih mainan dengan tekstur kasar dan rapuh karena akan melukai bayi anda. Kebersihan mainan juga harus menjadi perhatian utama orang tua karena bakteri bisa terbawa masuk ke dalam pencernaan ketika bayi menggigit mainan. Oleh karena itu, orang tua bisa membersihkan mainan dengan sabun Switzal sebelum diberikan ke bayi Lantas, apa saja minan yang cocok untuk bayi usia 6 bulan?

perkembangan bayi usia enam bulan

Rattle – rattle merupakan mainan yang terbuat dari bahan plastik, karet, atau kain yang lembut dan bisa merangsang pertumbuhan gigi bayi. Mainan ini aman untuk bayi dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Selain merangsang pertumbuhan gigi, mainan ini juga merangsang kemampuan menggengam anak dan melatih pendengaran karena mengeluarkan bunyi.

Mainan gantung – mainan yang aman untuk bayi usia 6 bulan adalah mainan gantung. Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, mainan gantung bisa diletakkan di atas tempat tidur bayi. Mainan ini bermanfaat untuk melatih dan menstimulasi kemampuan visual bayi dan bunyi yang dikeluarkan juga melatih perkembangan pendengaran.

Alat musik – untuk melatih motorik halus bayi, orang tua bisa memberikan mainan alat musik seperti drum, piano, atau gitar kecil. Dengan mainan alat musik, bayi bisa memijit atau memukul alat musik tersebut dan akan mencari sumber suara ketika berbunyi.

Cermin bayi – pada usia 6 bulan, bayi sudah bisa melihat pantulan diri pada cermin. Hal ini karena rasa keingintahuan sudah mulai tumbuh dan tertarik pada bayangan di cermin. Bunda bisa memberikan mainan cermin bayi dengan bahan dasar plastik yang aman untuk anak.

Mainan boneka tangan – boneka tangan juga merupakan mainan yang baik untuk anak usia 6 bulan. Boneka jenis ini mempunyai tali yang diikat pada tangan atau bagian kaki bayi, namun pastikan talinya tidak terlalu panjang agar tidak menghalangi pergerakan bayi. mainan boneka tangan biasanya mengeluarkan bunyi ketika tangan atau kaki bayi digerakkan sehingga bisa memicu perkembangan motoriknya.

Perlengkapan rumah tangga – alternatif mainan yang bisa diberikan untuk bayi usia 6 bulan adalah alat rumah tangga seperti cangkir, plastik, kompor, sendok, dan sebagainya yang terbuat dari plastik. Pastikan untuk meletakkan mainan di tempat yang mudah dijangkau oleh bayi dan tidak bisa jatuh menimpanya.

referensi artikel https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/perkembangan-bayi-usia-6-bulan