3 Rahasia Cara Membuat Kopi Tubruk yang Enak

By January 19, 2018 Kuliner No Comments
cara membuat kopi tubruk yang enak

Tidak sedikit orang yang tidak bisa lepas dari yang namanya kopi. Minuman berkafein tersebut memiliki cara membuat kopi yang enak yang berbeda untuk setiap jenis minumannya agar bisa mendapatkan rasa yang maksimal enaknya. Di Indonesia, salah satu jenis atau racikan minuman kopi yang paling banyak disukai adalah kopi tubruk. Kopi yang memiliki kepekatan yang sama dengan kopi Yunani dan Turki ini popular di Jawa dan Bali.

Tips Membuat Kopi Tubruk Yang Enak

Untuk membuat kopi yang disebut juga dengan kopi lumpur ini, berikut rahasia cara membuat kopi enak yang harus Anda ketahui. Pertama adalah pilih kopinya. Rasa yang dikeluarkan oleh kopi berkualitas akan sangat berbeda dengan kopi yang kurang berkualitas. Pilih jenis kopi, baik arabika atau torabika yang belum lama di sangrai. Hal tersebut disebabkan karena lemak serta minyak esensial pada kopi mudah menguap sehingga jika terlalu lama disimpan bisa menyebabkan bau yang kurang enak dan rasanya tidak maksimal.

Kedua adalah air. Kopi tubruk atau jenis kopi apapun tidak akan enak untuk diminum tanpa adanya air. Air yang bagus untuk digunakan adalah air bermineral misalnya air kemasan sehingga minyak esensial kopi bisa terseduh optimal. Namun, Anda bisa menggunakan air yang biasanya Anda pergunakan namun, hindari menggunakan air mendidih agar kopi tidak terlalu pahit. Sebab, semakin rendah temperatur air yang akan digunakan maka keasaman atau acidy kopi akan lebih keluar. Jadi, jika Anda merebus air lebih dahulu, diamkan sebentar hingga suhu air 90-100oC.

Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Enak

Rahasia dan cara membuat kopi yang enak agar kopi tubruk rumahan seenak cafe kopi, yaitu:

  • Pada proses penyeduhan, seduh kopi selama 4 menit dan diamkan tanpa diberi apapun ataupun diaduk atau ditiup.
  • Saat diaduk, semakin banyak adukan yang Anda lakukan maka proses pelepasan saripati kopi juga akan semakin banyak.
  • Kopi sudah siap untuk diseduh. Anda bisa memberikan gula sesuai dengan yang Anda inginkan namun hindari memberikan gula terlalu banyak karena bisa mempengaruhi rasa kopi yang sebenarnya karena rasanya terlalu manis.