7 Olahraga Paling Populer di Indonesia

By November 16, 2017 Kesehatan, Olahraga No Comments
berolahraga

Inilah jenis olahraga yang paling populer di Indonsia, masing-masing macam olahraga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh.

berolahraga

Manfaat Olahraga diantaranya yaitu: Menyehatkan badan, Memperkuat otot, Menambah tinggi badan, Membuat awet muda, menurunkan berat badan, mengecilkan perut untuk lebih jelasnya baca di jenis-jenis olahraga untuk mengecilkan perut buncit dirumah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak perlu berbasa-basi lagi langsung saja simak artikel  berikut yang akan memabahas olahraga paling populer di Indonesia, cekidot :

Ini dia Olahraga Terpopuler di Indonesia

  1. Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan jenis olahraga yang menggunakan alat berupa raket yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan (ganda) yang saling berlawanan. Olahraga ini hampir mirip dengan tenis yang bertujuan untuk memukul bola permainan berupa kok atau shuttlecock yang melewati jarring agar kok tersebut jatuh pada bidang permainan lawan.

  1. Sepak Bola

Olahraga sepak bola yaitu olahraga menggunakan bola yang diainkan oleh kedua tim dan masing-masing beranggotakan (11 orang), yang terdiri dari 1 orang kipper (penjaga gawang) dan 10 lainnya sebagai pemain yang menggiring bola kegawang lawan. Sepak bola termasuk dalam jenis sepak bola terpopuler di dunia. Pada abad ke 21 olahraga ini telah diaminkan oleh 250 juta orang lebih di 200 negara. Olahraga ini bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya yang di masukan ke dalam gawang lawan. Bola tersebut hanya boleh disentuh dengan kaki saja dan hanya kiperlah yang dapat menyentuh bola dengan tangan atau lengan. Olahraga ini dimainkan di dalam adan di luar ruang  yang dimainkan dalam lapang berukuran ( p x l (90 – 120 x 45 – 90) ) diatas rumput sintetis atau alami dan lama pertandingan 90 menit.

  1. Tenis

Tenis merupakan olahraga yang biasa dimainkan oleh dua orang pemain atau dua pasangan (masing-masing 2 pemain). Tenis termasuk kedalam salah satu cabang olahraga olimpiade. Permainan tenis modern berasal dari Birmingham inggris pada tahun ke 19 sebagai tenis rumput.

  1. Bola Basket

Basket merupakan salah satu jenis olahraga yang terdiri dari dua tim dengan masing-masing beranggotakan 5 orang. Pertandingan ini bertujuan untuk mencetak poin dengan memasukan bola kedalam keranjang lawan. Basket dapat dimainkan didalam dan diluar ruangan. Olahraga ini memang banyak digemari atau diminati di Amerika Serikat dan Eropa selatan, Lithuania dan Indonesia.

  1. Bola Voli

Bola voli merupakan jenis permainan yang dimainka oleh 2 tim atau grup berlawanan dan masing-mansing terdiri dari 6 orang. Permainan bol voli juga bervariasi seperti bola voli pantai (dimainkan oleh 2 grup yang memiliki 2 orang pemain). Bola voli dinaungi FIVB (federation Internasional de Volleyball) sebagai imduk organisasi internasional dan di Indonesia sendiri PBVSI (persatuan bola voli seluruh Indonesia).

  1. Tenis Meja

Tenis meja atau sering disebut juga dengan ping pong (sebuah merk dagang). Tenis meja merupakan jenis olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasang (ganda) yang berlawanan. Jenis olahraga ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang disebut bat, sebuah bola dan lapangan permainan yang berbentuk meja. Di Indonesia olahraga ini memiliki induk PTMSI (Persatuan tenis meja seluruh Indonesia) dan didunia ITTF (internasional table tenis federation).

  1. Berenang

Olahraga renang merupakan jenis olahraga yang melakukan gerak didalam air.  Selain di jadikan sebagai olahraga berenang juga sering dimanfaatkan untuk berekreasi. Jenis olahraga ini dapat dilakukan diluar dan dalam ruangan sesuai kondisi. Berenang juga nerupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari di Indonesia dan banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Itulah informasi sederhana olahraga yang populer di negeri ini,  kita tau bahwa olahraga mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Oleh sebab itu jangan malas berolahraga ya!