Aceh Gudangnya Makanan Enak, Sate Matang hingga Ayam Tangkap

By January 27, 2018 Kuliner No Comments

Berwisata ke Aceh, janganlah hanya nikmati panorama alam serta lautnya yang indah. Aceh juga mempunyai banyak makanan yang ciri khas.

Aceh Gudangnya Makanan Enak, Sate Matang hingga Ayam Tangkap

Aceh Gudangnya Makanan Enak, Sate Matang hingga Ayam Tangkap

Makanan pilihan di Aceh, seperti sate masak, kuah pliek u, ayam tangkap, serta gulai kambing. Ayam tangkap jadi satu diantara masakan Aceh yang disenangi wisatawan.

Kuliner ini jadi favorite wisatawan, karna terbuat dari daging ayam kampung dengan taburan dedaunan. Uniknya, olahan daging ayam disembunyikan dibawah tumpukan daun. Hingga waktu makan, Kamu seperti juga akan menangkap ayam yang bersembunyi.

Terkecuali ayam tangkap, di bawah ini sedetailnya makanan ciri khas Aceh yang perlu dicicipi, inilah :

Sate Matang

Bila Kamu di Aceh, coba makanan ciri khas sate masak. Sate masak diisi daging kambing atau sapi. Daging lalu diungkep dengan bumbu ciri khas Aceh, lalu dibakar. Sate yang datang dari daerah Masak, Bireun ini semakin lebih lezat dikonsumsi dengan kuah soto.

Kuah Pliek U

Kuah plek u diisi bermacam sayuran. Tidak susah untuk mencari kuah plik u ini karna nyaris tiap-tiap tempat tinggal makan di Aceh menghidangkannya. Makanan ciri khas Aceh Barat ini, memiliki cita rasa yang unik. Kuah pliek u melambangkan eratnya kekerabatan serta keragaman orang-orang Aceh yang dipersatukan dalam satu kuali.

Ayam Tangkap

Ayam tangkap jadi satu diantara masakan Aceh yang disenangi wisatawan waktu bertandang ke Aceh. Ayam tangkap terbuat dari daging ayam kampung serta penambahan bumbu ciri khas Aceh. Uniknya dari ayam tangkap yaitu taburan dedaunan yang menutupi daging ayam. Daun yang dipakai, yakni salam koja serta daun pandan yang turut digoreng dengan daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil. Olahan daging ayamnya disembunyikan dibawah tumpukan daun. Hingga waktu makan, Kamu seperti juga akan menangkap ayam yang bersembunyi.

Gulai Kambing

Gulai kambing mempunyai rasa ciri khas karna menggunakan bumbu asli ciri khas Aceh. Gulai kambing yang dibuat dalam kuali yang besar ini mempunyai daging yang empuk serta tidak berbau. Gulai umum dihidangkan dalam kondisi panas.

Sumber : resepiayammudah.com