Ayo Pelajari Rukun Iman & Rukun Islam

By November 8, 2017 Uncategorized No Comments

Dalam agama islam di kenal dua pilar perlu sebagai dasar hidup untuk seseorang muslim, yakni Rukun Iman dan Rukun Islam. Iman. Menurut bhs, berarti membetulkan. Sedang, iman menurut arti syariat, tujuannya mengaku dengan lisan (pengucapan), membetulkan (tashdiiq) dengan hati serta mengamalkannnya dengan anggota badan.

Mengenai Rukun iman tersebut terdiri atas 6 rukun diantaranya :

  1. Iman pada Allah.
  2. Iman pada malaikat.
  3. Iman pada kitab-kitab Allah.
  4. Iman pada Nabi serta Rasul
  5. Iman pada had akhir (kiamat).
  6. Iman pada Qodar Allah yang baik atau yang jelek.

Untuk mempermudah untuk mengerti Arti semasing rukun kita cuma berdasar pada pengertian iman tersebut, yakni :

  • Mengakuinya dengan lisan
  • Membenarkannya dengan hati serta kemudian
  • Mengamalkannya dengan anggota badan.
  1. Arti iman pada Allah

Iman pada Allah berarti kalau kita yakini mengenai keterangan Allah serta Rasulnya tentang kehadiran Tuhan. Untuk lebih terinci sekali lagi, arti iman pada Allah bisa kita uraikan dalam empat point.

Pertama, yakini kalau penciptaan manusia yaitu kehendak Allah serta tidak mahkluk beda yang ada di semesta alam tanpa ada pengetahuan Allah swt, ke-2 adalah yakini kalau Allah lah yang membuat bumi serta alam semesta serta Allah pulalah yang memberi reski pada manusia serta mahkluk yang lain. Ke-3, yakni yakini kalau Allahlah yang pantas disembah serta cuma kepadaNyalah semua beribadah diperuntukkan, umpamanya berzikir, sujud, berdoa, serta memohon. Semua cuma pada Allah semata. Ke-4 yakni yakini sifat-sifat Allah yang terdaftar dalam alquran (Asmaul Husna)

  1. Arti Beriman pada Malaikat Allah

Malaikat adalah mahkuluk gaib yang di ciptakan Allah dari sinar, dengan ketaatan senantiasa menggerakkan perintah Allah serta kesanggupannya untuk melaksanakan ibadah pada Allah. Malaikat di ciptakan tidak mempunyai sikap ketuhanan serta cuma Allahlah Tuhan semesta alam. Jumlah malaikat begitu banyak serta semua tunduk serta menggerakkan perintah Alla swt.

Arti beriman pada malaikat bisa di uraikan dalam empat point : pertama, mengimani bentuk mereka.

Ke-2, mengimani beberapa nama malaikat yang sudah kita kenali namanya, sedang yang kita tidak kenali namanya kita mengimaninya dengan Ijmal (garis besar).

Ke-3, mengimani sifat malaikat yang ada dalam hadis, umpamanya Rasullullah saw, sempat berjumpa segera dengan malaikat jibril yang mempunyai 600 sayap (Bukhari) di hadis beda disebutkan tiap-tiap sayap malaikat jibril menutupi tiap-tiap ufuk (Ahmad).

Serta Ke-4, yakni mengimani pekerjaan malaikat seperti yang sudah diberitahukan pada kita. Malaikat selalu beribada pada Allah ; bertasbih siang serta malam serta berthawaf di Baitul Ma’mur serta beda sebagainya.

  1. Arti beriman pada Kitab-kitab Allah

pertama, mengimani kalau kitab itu datangnya dari Allah swt.

Ke-2, mengimani kitab itu baik dengan detil (tafshil) ataupun pada dasarnya (ijmal), tafshil berarti mengimani kalau kitab yang di turunkan pada Nabi ini yaitu kitab ini, sedang pada dasarnya kita meyaini kalau kitab di turunkan pada Nabi serta Rasul walau tidak di ketahui namanya.

Ke-3, yakni membetulkan pengucapan yang tertulis dalam kitab-kitab itu yang masih tetap murni (Belum juga dirubah).

Ke-4, mengamalkan hukum yang tertulis dalam kitab itu sepanjang kitab itu belum juga ” dihapus “, yang disebut dengan kata dihapus di sini adalah, kita cuma mengimani satu kitab saja yakni Al quran, karna hadirnya Al quran menyebabkan kitab-kitab terlebih dulu jadi mansukh (dihapus). Al quran adalah kitab yang mewakili tiap-tiap ummat hingga akhir masa.

  1. Arti beriman pada Nabi serta Rasul

Beriman pada Nabi serta Rasul, berarti kalau kita yakini Nabi serta Rasul adalah manusia utusan Allah yang diutus di muka bumi untuk mengemukakan berita senang serta ancaman. Yakini kalau Nabi serta Rasul yaitu mahkluk yang diutus Allah ke Bumi untuk berikan panduan ke umat manusia sampai kembali pada jalan lurus. Beriman pada Nabi serta Rasul berarti adalah mempercayai semua ajarannya baik dari lisan ataupun jadi sauri teladan. Dengan ketahui jadi beriman pada Nabi serta Rasul, Manusia jadi hamba yang mulia telah sepantasnya meyakini serta ikuti jejak suri teladan Nabi serta Rasul

  1. Arti beriman pada hari akhir

Beriman pada hari akhir berarti kita yakini sinyal tanda juga akan datangnya hari kiamat, seperti lahirnya dajjal turunnya Isa as. Datangnya Ya’juj serta Ma’juj, terbitnya matahari dari barat. Kemudiaan diangkatnya pengetahuan dari muka bumi yang diikuti dengan meninggal dunianya beberapa ulama, makin banyak berlangsung perzinaan, amanah tak akan digerakkan, masalah diserahkan pada yang bukanlah ahlihnya, jumlah wanita jauh lebih dari jumlah lak-laki serta berlangsung kekacauan serta pembunuhan dimana-mana.

Diluar itu Juga, arti beriman pada hari akhir yakni kita mengimani peristiwa gaib yang lain seperti dibangkitkannya manusia dari pendam, dikumpulkannya manusia di padang mashar, ada hari pembalasan, ada siksa pendam serta nikmat pendam, serta yakini ada surga serta neraka. Semuanya dikerjakan hanya untuk mendekatkan diri pada Allah.

  1. Arti beriman pada qada serta qadar

Arti beriman pada qada serta qadar berarti adalah kita mengimani kalau apa pun yang berlangsung di muka bumi bahkan juga pada diri kita sendiri jadi manusia baik ataupun jelek adalah kehendak dari Allah swt.

Tetapi keburukan itu tidak dinisbahkan pada Allah, tetapi pada manusia jadi mahkluk ciptaanNya, sedang bila keburukan itu dikaiitkan dengan Allah, jadi keburukan itu adalah satu bentuk keadilan pada suatu hal pihak yg tidak bisa terduga oleh pengetahuan manusia. Allah membuat mudharat pastinya ada maslahat. Di tiap-tiap keburukan ada arti yang mendalam, baik itu di ketahui oleh manusia, ataupun tidak di ketahui oleh manusia.

RUKUN ISLAM

Sejatinya manusia dilahirkan jadi seseorang muslim didunia ini. Dalam ajaran islam, bayi yang baru lahir sudah di islamkan oleh Allah sejak ia juga akan dilahirkan di Dunia. Walau bagaimanapun, banyak agama yang miliki ajaran sendiri, begitu halnya Islam.

Dalam agama islam, ada lima pilar yang menciri khaskan seseorang muslim. Pilar ini dikatakan sebagai Rukun islam. Rukun Islam berikut sebagai dasar umum seroang muslim dalam melaksanakan ibadah pada Allah.

Mengenai Rukun Islam tersebut, diantaranya :

  1. Syahadat (Pernyataan kalau tak ada Tuhan yang pantas disembah, terkecuali Allah swt)
  2. Membangun shalat.
  3. Menunaikan zakat.
  4. Puasa pada bln. Ramadhan dan
  5. Haji ke Baitullah Al-Haram.

Arti syahadat

Syahadat, disimpulkan jadi gerbang untuk penuhi fitrah manusia, yakni untuk beribada pada Allah swt. syahadat juga meerupakan inti sari dari agama islam. Syahadat berarti ” Menampik ” serta ” mengambil keputusan “.

Pertama, kita menampik kalau kita menampik semua sesembahan terkecuali daripada Allah serta ke-2, kita meneatapkan kalau cuma Allah lah Tuhan Yang pantas kita sembah

Sedang untuk rukun ke-2 serta saat, lebih diutamakan pada manusia untuk menggerakkan ibadahnya pada Allah swt. Rukun islam tidak beda berarti untuk jadi dasar untuk manusia, supaya senantiasa mengingat Allah serta selalu melaksanakan ibadah padanya.