Cara Membentuk Otot Perut

By November 28, 2017 Olahraga No Comments

Cara Membentuk Otot Perut

Kebanyakan pria di dunia, pasti ingin memiliki tubuh yang atletis tidak terkecuali bagian perut. Perut sixpack akan membuat mereka semakin percaya diri tampil dan berpakaian, selain itu mereka juga merasa bertambah gagah. Untuk memiliki tubuh yang atletis, terutama bagian perut memang tidak mudah. Anda harus melakukan latihan secara rutin diimbangi dengan asupan nutrisi serta istirahat yang cukup.

Jenis latihan yang bisa dilakukan sebagai cara membentu otot perut sangat beragam, dan ada yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Melakukan latihan di rumah juga sekaligus menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran serta mengurangi rasa malas untuk datang ke Gym. Meski melakukannya sendiri, jika Anda bisa melakukan semua gerakannya dengan benar dan rutin, memiliki perut sixpack bukan hal yang mustahil.

Terlebih ada banyak orang yang sudah membuktikan bahwa hanya dengan melakukan latihan sendiri di rumah, mereka bisa memiliki tubuh yang ateltis. Anda juga tidak memerlukan peralatan khusus untuk memiliki otot perut, langsung saja simak cara membentuk otot perut di rumah berikut ini.

Cara Membentuk Otot Perut

  1. Sit Up

Sit Up sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu cara membentuk otot perut, dan banyak yang menjadikan latihan ini sebagai rutinitas olahraga mereka. Sit Up tidak membutuhkan alat bantuan apapun namun disarankan menggunakan matras agar bagian belakang tubuh Anda tidak terlalu sakit saat berbenturan dengan lantai. Gerakan sit up jika dilakukan dengan benar memang akan membantu membentu otot perut Anda.

Cara membentuk otot perut dengan sit up:

  1. Posisikan tubuh berbaring di lantai dalam keadaan terlentang
  2. Tekuk kedua lutut ke atas atau bisa juga tidak
  3. Posisikan kedua tangan memegang bagian belakang kepala dan terbuka
  4. Angkat tubuh perlahan dengan kekuatan otot perut tanpa membuat kaki terangkat
  5. Turunkan badan seperti semula dan angkat lagi
  6. Lakukan latihan ini perlahan dan bertahap, tambah porsinya jika Anda sudah cukup kuat

Meski tidak terlalu efektif, namun gerakan sit up ini juga akan membakar kelebihan lemak pada otot perut Anda. Jadi juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara mengecilkan perut yang patut dicoba.

  1. Mountain climber

Posisi awal mountain climber mungkin terlihat seperti posisi awal push up, namun bedanya Anda tidak akan menurunkan tubuh Anda. Latihan ini berguna untuk membantu membentuk otot perut Anda menjadi sixpack. Gerakannya memang terlihat sederhana, namun jika dilakukan rutin tentu akan memberikan dampak besar pada perkembangan otot perut Anca.

Cara membentu otot perut dengan mountain climber:

  1. Posisikan tubuh menyerupai posisi awal gerakan push up
  2. Mulai gerakan dengan menekuk salah satu kaki ke depan (seperti orang sedang memanjang)
  3. Dengan gerakan cepat, tukat posisi kaki secara bergantian
  4. Ulangi latihan ini beberapa kali untuk setiap kaki

Meski gerakannya sederhana, tapi mungkin akan cukup berat jika Anda baru pertama kali melakukannya. Oleh karena itu, lakukan secara perlahan dan konstan serta jangan terlalu memaksakan diri.

  1. Plank

Plank adalah salah satu latihan untuk membakar kelebihan lemak perut yang disarankan, selain itu plank juga bisa membantu membentuk otot perut Anda. Meski latihan ini tergolong pasif, namun Anda akan membutuhkan kekuatan otot perut Anda sebagai salah satu tumpuan.

Cara membentuk otot perut dengan plank:

  1. Posisikan tubuh seperti hendak melakukan push up
  2. Turunkan siku dan gunakan sebagai tumpuan, usahakan membuat sudut 90 derajat
  3. Luruskan bagian tubuh Anda, dan usahakan buka siku selebar bahu
  4. Luruskan kaki sebagai tumpuan
  5. Tahan tubuh Anda dalam posisi pasif ini selama beberapa detik atau menit

Posisi plank memang terlihat mudah, namun nyatanya Anda akan membutuhkan banyak tenaga. Jadi saat pertama kali melakukannya jangan memaksakan diri menahan posisi plank dalam waktu lama.

  1. Vertical leg crunch

Latihan ini merupakan salah satu dari beberapa variasi gerakan crunch. Latihan ini membutuhkan tenaga dan kekuatan otot perut, jadi sangat cocok dilakukan untuk Anda yang ingin membentuk otot perut.

Cara membentuk otot perut dengan vertical leg crunch:

  1. Posisikan tubuh berbaring seperti biasa
  2. Letakkan kedua tangan Anda dibelakang kepala seperti hendak sit up
  3. Angkat perlahan kedua kaki ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat
  4. SIlangkan kedua telapak kaki dan bengkokan sedikit lutut Anda.
  5. Angkat badan ke atas hingga mendekati lutut
  6. Kembali keposisi awal dan ulangi.

Vertical leg crunch akan cukup berat untuk pemula, jadi disarankan Anda memperkuat tubuh dan otot perut Anda dengan latihan lain terlebih dahulu agar tidak menyebabkan cidera.

Itulah 5 cara membentuk otot perut di rumah, Anda bisa melakukannya sendiri. Pastikan Anda melakukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan latihan ini agar tidak cidera. Selain itu mengimbangi latihan dengan konsumsi makanan yang bernutrisi juga akan mempercepat pembentukan otot perut Anda.

Referensi: Tips Kesehatan