Manfaat Fisik dan Mental 5-a-side

By February 2, 2018 Olahraga No Comments

Bermain segala bentuk sepak bola 5-a-side adalah cara bagus untuk mendapatkan fit. Sebenarnya, dibandingkan dengan joging dan bahkan permainan 11-a-side penuh, 5-a-side muncul di atas kedua hal ini dalam hal manfaat yang ditawarkannya. Lihat saja buktinya – bahkan jika Anda menganggap Anda seorang pro tua di sisi 5-a-side dan Futsal, beberapa hasilnya piala dunia 2018 mungkin akan mengejutkan Anda!

Manfaat fisik sepak bola jadwal piala dunia 2018 rusia
Mari kita mulai dengan hanya sepak bola pada umumnya, sebelum kita bergerak secara khusus ke 5-a-side.

Kembali di tahun 2010 ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof Peter Krustrup dan timnya, dari Universitas Kopenhagen, yang melihat manfaat sepak bola sebagai alat kebugaran.

Ini menemukan bahwa sepak bola secara keseluruhan memberikan spektrum efek kesehatan dan kebugaran yang luas yang setidaknya sama nyatanya seperti untuk berlari, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih baik lagi.

Pasukan sepak bola Anda cocok! Ada begitu banyak manfaat kesehatan untuk itu, belum lagi manfaat mental juga!
Pasukan sepak bola Anda cocok! Ada begitu banyak manfaat kesehatan untuk itu, belum lagi manfaat mental juga!

Misalnya, satu penelitian meminta 47 pria dengan tekanan darah tinggi untuk bermain sepak bola atau berlari satu jam dua kali seminggu selama tiga bulan.

Ternyata bermain sepak bola adalah langkah cerdas, karena mereka yang bermain, melihat tekanan darah mereka turun rata-rata dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang memutuskan untuk lari – meskipun frustrasi karena olahraga tim kompetitif kadang-kadang dapat muntah!

Penurunan berat badan antara kedua kelompok cukup serupa, namun kadar kolesterol turun dalam kelompok sepak bola – efek yang tidak ditemukan pada kelompok yang sedang berjalan.

Studi lain bahkan menemukan bahwa kepadatan tulang meningkat dua kali lipat dalam bermain sepak bola seperti dalam berlari.

Kemenangan yang jelas untuk sepak bola namun manfaatnya tidak berhenti sampai disitu saja.

Manfaat mental sepakbola
Sepak bola tidak hanya menawarkan manfaat fisik yang lebih besar daripada berlari, tapi juga terbukti menjadi pelepasan mental yang jauh lebih efektif, demikian menurut penelitian Prof Peter Krustrup.

Mereka melihat 6 kelompok pria dan wanita yang bermain sepak bola dan menemukan bahwa semua kelompok ini mengalami aliran arus keseluruhan secara keseluruhan selama eksperimen berlangsung.

Jika Anda belum menemukan istilah ‘arus’ sebelumnya, pada dasarnya keadaan optimal yang muncul saat Anda benar-benar tenggelam dalam tugas yang menantang. Ini adalah perasaan yang Anda dapatkan saat Anda benar-benar fokus, terlibat, termotivasi dan bahagia dalam aktivitas apa pun yang Anda lakukan.

Psikolog percaya bahwa secara teratur mengalami arus adalah kunci untuk menjalani hidup bahagia (sebuah poin yang benar-benar dibuat dengan baik oleh sebuah buku oleh Paul Martin: Making Happy People). Anda ingin mendapatkan pengalaman ‘arus’ sebanyak mungkin yang Anda bisa, sehingga bisa mendapatkannya melalui sepak bola sementara juga semakin bugar adalah situasi win-win!

Tantangan yang melekat, sifat dinamis permainan dan teka-teki unik yang dihadirkannya, membuat sepak bola menjadi permainan yang seharusnya membutuhkan konsentrasi Anda, membuatnya sama-sama bersifat mental seperti fisik. Singkatnya, sepak bola mengharuskan kita untuk terlibat dan menggunakan otak kita lebih dari sekedar menumbuk trotoar dengan kaki kita, seperti yang akan kita lakukan jika kita hanya jogging.