6 Manfaat Kedelai untuk Awet Cantik

By November 15, 2017 Kesehatan No Comments

Manfaat Kedelai

Kacang kedelai mengandung banyak sekali protein, serat dan isoflavon. Bahan makanan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti menjaga berat badan, menjaga kepadatan tulang serta mampu mengobati berbagai macam kondisi kesehatan. Kita mungkin jarang mengonsumsi kacang kedelai saat masih dalam bentuk kacang, sebaliknya berbagai olahan kacang kedelai menjadi makanan harian kita.

Kacang kedelai memang tanaman yang mampu diolah menjadi berbagai macam makanan ataupun minuman, sebut saja tempu, minyak, tahu, susu kedelai dan yogurt yang beberapa diantaranya mampu dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Bagi Anda para wanita yang sering ke salon untuk perawatan kecantikan, coba ganti perawatan tersebut dengan memanfaatkan kacang kedelai. Dilansir dari desakabut.com, berikut ini manfaat kacang kedelai untuk kecantikan Anda.

  1. Melembabkan kulit

Tidak hanya mengambil manfaat buah naga yang mampu melembabkan kulit, Anda juga dapat menggunakan kacang kedelai untuk mendapatkan manfaat yang sama. Kacang kedelai akan bekerja sebagai pelembab dan menyingkirkan kulit yang kering dan terkelupas.

Selain itu untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, Anda juga tetap bisa memanfaatkan kacang kedelai untuk menghilangkan kelebihan minyak di permukaan kulit Anda.

  1. Mengurangi tanda penuaan

Manfaat kacang kedelai yang selanjutnya adalah mampu mengatasi tanda-tanda penuaan seperti perubahan warna kulit, bintik hitam, keriput, garis halus dan lainnya.

Karena seiring dengan bertambahnya usia, tubuh akan cenderung kehilangan hormon estrogen yang menjaga elastisitas kulit. Kandungan fitoestrogen yang ada di dalam kacang kedelai mampu membantu menghasilkan estrogen dalam tubuh sehingga dapat mengurangi garis halus dan keriput.

  1. Membuat rambut bersinar

Anda ingin memiliki rambut yang halus, lembut dan bersinar? Aplikasikan jus kacang kedelai ke rambut Anda secara rutin selama tiga bulan untuk mendapatkan rambut yang Anda impikan.

  1. Menurunkan berat badan

Susu kedelai yang merupakan hasil olahan kacang kedelai memiliki kandungan gula yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu lain. Kandungan kalori pada susu kedelai utuh hanya 80 kalori, sama seperti susu skim. Salah satu manfaat susu kedelai adalah asam lemak tak jenuh tunggalnya yang mampu mencegah penyerapan lemak di usus yang akan membantu menurunkan berat badan.

  1. Memperkuat kuku

Anda memiliki kuku yang rapuh dan kusam? Coba masukkan kacang kedelai ke dalam menu makanan Anda setidaknya selama 6 bulan, kacang kedelai akan membantu memperbaiki kesehatan dan kekuatan kukut Anda serta membuatnya tampak lebih cerah.

Selain itu kedelai juga bisa dimanfaatkan untuk melembabkan dan mengobati infeksi jamur kuku. Untuk mengatasi masalah ini cukup celupkan kuku Anda ke dalam sari kedelai.

  1. Memperbarui sel kulit mati

Kedelai mampu membuat kulit Anda terlihat lebih cerah karena kandungan vitamin E yang dapat mengangkat sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru. Untuk mendapatkan salah satu manfaat kedelai ini, hancurkan kacang kedelai segar dan tambahkan sedikit air lalu oleskan pada permukaan kulit wajah. Biarkan selamar kurang lebih 20-25 menit untuk melembabkan kulit. Untuk hasil yang maksimal, coba gunakan cara ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.