Manfaat temulawak yang belum semua mengetahuinya

By January 17, 2018 Uncategorized No Comments

Temulawak salah satu jenis tanaman dari suku jahe jahean yang banyak dan mudah ditemui didaerah beriklim tropis salah satunya adalah diIndonesia. Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia, dan sekarang sudah menyebar diberbagai negara terutama diasia tenggara seperti Malaysia, Singapura, Philippine dan Thailand. Tahukah anda bahwa tanaman yang satu ini sering kali digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bahan pembuatan obat herbal, pembuatan jamu, dan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik kecantikan.

Menurut penelitian tenaman dari suku jahe jahean yang satu ini memiliki kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya seperti minyak atsiri, minyak lemak, kurkuminoid dan mineral. Untuk itulah temulawak sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, karena mengandung kandungan tersebut. Dan berikut sedikit informasi saya dapatkan dari berbagai sumber bahwa temulawak mempunyai manfaat untuk.

Manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan

1. Menambah nafsu makan

Mungkin semua orang sudah mengetahuinya bahwa temulawak mempunyai manfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Dari jaman nenek moyang hingga saat ini temulawak sudah digunakan untuk pembuatan jamu penambah nafsu makan, bahkan saat ini temulawak sering digunakan untuk pembuatan produk obat herbal penambah nafsu makan.

2. Mengurangi radang sendi

Temulawak mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat, dan salah satunya adalah kandungan kurkumin. Kurkumin sendiri dapat mengurangi radang sendi atau nyeri yang dialami seseorang, karena kurkumin dapat menghambat perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah yang terjadi radang.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan zat yang ada pada temulawak berfungsi untuk merangsang produksi empedu di kantong empedu. Untuk itu temulawak dapat membantu meningkatkan dan melancarkan sistem kesehatan pencernaan.

4. Manfaat temulawak untuk kulit

Manfaat temulawak yang ke empat adalah untuk kesehatan kulit, tahukah anda bahwa temulawak sering digunakan untuk bahan baku pembuatan kosmetik kecantikan seperti sabun temulawak, cream temulawak dan beberapa kosmetik lainya. Semua itu karena temulawak memiliki kamdungan minyak Atsiri dan anti oksidan, dimana kedua kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit. Untuk itu manfaat temulawak untuk wajah begitu besar karena mempunyai kandungan yang dibutuhkan kulit wajah.

Demikian informasi mengenai manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh kita, dan jika anda ingin mengkonsumsi produk dari temulawak pastikan terdapat label BPOM, dan jika ingin membuatnya sendiri maka gunakanlah secara bijak dan jangan berlebihan.