Memilih Tempat Sarang Walet dengan Tepat

By December 13, 2017 Bisnis No Comments

Salah satu jenis burung yang selalu banyak dipelihara adalah burung walet. Dibandingkan memelihara jenis burung yang lain, burung walet ini memberi keuntungan berupa nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tak heran jika sebagian orang saat ini mulai melakukan budidaya burung walet. Tentu dengan harapan dapat menghasilkan banyak keuntungan dari bisnis tempat sarang walet. Usaha ini memang sudah populer sekali dari dahulu sampai sekarang karena memang benar memberikan keuntungan yang cukup besar. Hal ini tentu tidak terlepas dari khasiat yang bisa diperoleh dari sarang burung walet seperti dapat menyembuhkan penyakit paru-paru, melancarkan peredaran darah, menghilangkan panas dalam, penambah tenaga dan masih banyak lagi. Usaha sarang walet ini sangat cocok sekali apabila dijalankan di daera pedesaan yang jauh dari keramaian seperti halnya di kota. Selain itu di daerah pedesaan lebih banyak ditemukan burung walet berkeliaran dan kemudian menetap untuk membuat sarang.

tempat sarang walet

Tempat sarang walet sendiri dan dibuat oleh dina-n-brian merupakan rumah burung walet yang berasal dari air liur nya yang sudah mengeras. Memiliki fungsi sebagai tempat untuk berkembang biak yaitu bertelur dan juga sebagai tempat merawat anak dari burung walet. Sarang ini dibuat secara murni tanpa adanya campuran atau kontaminasi dari bagian yang lainnya. Biasanya sarang ini terletak pada plafon rumah ataupun dinding pada bagian atas. Hal ini bertujuan untuk dapat menghindari hewan perusak yaitu hama. Ternyata sarang burung walet ini memiliki banyak jenis yang beragam. Ragamnya jenis sarang ini dipengaruhi dari berbagai faktor seperti: tingkat polusi dari suatu daerah, inilah yang membuat sarang walet di daerah Kalimantan memiliki warna sangat putih, sedangkan sarang walet di daerah Jawa memiliki warna sedikit kekuningan. Faktor lain yaitu tempat burung pada saat membuat sarangnya, proses pencucian sarang burung walet dan faktor kebersihan dan juga perawatan dari rumah burung walet itu sendiri.

Banyaknya penjual yang menyediakan tempat sarang walet tentu memudahkan Anda yang ingin membelinya. Namun Anda perlu cermat dan berhati-hati pada saat membelinya agar tidak merasa tertipu. Berikut beberapa cara untuk memilih sarang burung walet dengan tepat.

1.Cari penjual yang dapat menjamin produk sarang burung walet tersebut bebas dari bahan kimia dan pemutih. Menggunakan zat pemutih tersebut membuat sarang burung walet tidak memberikan khasiat, malah hanya akan mendatangkan penyakit dari bahan kimia tersebut.

2.Cara paling aman dengan membeli pure original nest, meskipun dibandrol dengan harga yang cukup mahal namun bisa dipastikan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

3.Pilih penjual yang memberikan pelayanan after sale, hal ini dikarenakan sarang burung walet mudah pecah.

4.Pastikan memilih sarang burung walet dengan harga yang tentunya sebanding dengan kualitas yang diberikan.