Pilihan Makanan Pendamping ASI untuk Buah Hati

By January 1, 2018 Kesehatan No Comments

Sebelum 6 bulan, bayi hanya bisa diberikan ASI oleh Ibu. Selain ASI, makanan lainnya belum bisa dikonsumsi oleh di bayi. Namun ketika sudah berumur 6 bulan, bayi baru bisa diberi makanan lainnya. Mengapa makanan pendamping ASI ini diberikan ketika bayi baru berusia 6 bulan? Hal ini dikarenakan untuk menyelamatkan pencernaan si bayi dari makanan yang belum bisa dicerna dengan baik oleh si bayi. Di usia 6 bulan memang bukanlah usia yang kaku sehingga Bunda bisa memberinya makanan pendamping sebagai pengganti ASI. Tetapi makanan tersebut pun tidak bisa sembarang. Jadi pemilihan makanan sebagai pengganti ASI juga harus dengan pemilihan yang ketat atau tidak boleh sembarangan.

makanan pendamping asi

Tidak hanya itu, di usia 6 bulan bayi juga sudah membutuhkan asupan gizi dan juga nutrisi yang terdapat pada makanan. Untuk itu, Bunda wajib memberikan makanan atau asupan makanan yang terbaik untuk anaknya. Asupan makanan yang terbaik, seperti sebuah makanan pendamping ASI yang memberikan peran penting lainnya seperti ASI. Perlu sekali mempertimbangkan beberapa makanan yang bernutrisi, bergizi, lembut, dan gampang dicerna oleh si bayi ketika usianya sudah 6 bulan. Ciri-cirinya yaitu ketika si bayi sudah mulai kegirangan saat Bunda mendekatkan sendok ke arahnya. Ini berarti Bunda sudah harus segera mempersiapkan beberapa jenis makanan bergizi lainnya selain ASI.

Jika berbicara tentang banyak jenis-jenis makanan pendamping ASI yang akan diberikan pada si bayi. Sebiknya Bunda benar-benar memilih dan selektif dengan apa yang diberikan kepada si kecil. Untuk makanan yang sehat adalah makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi yang tinggi harus paling diutamakan. Karena tujuan memberikan makanan pendamping tersebut ke bayi adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi yang masuk ke tubuh si kecil selain adanya asupan ASI. oleh karena itu, sangat penting sekali mengutamakan kandungan nutrisi dan gizi yang cukup banyak. Adapun tahapan yang harus Bunda berikan pada bayi sebagai asupan pertama yang masuk ke tubuh si kecil selain ASI yaitu harus berupa makanan yang sedikit cair dan lembut. Misalnya seperti bubur, biskuit, buah-buahan yang dihaluskan, sayuran yang dihaluskan, dan lainnya.

Nah, itulah beberapa makanan pendamping ASI yang baik dan benar. Selain memberikan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil, membeli berbagai perlengkapan bayi juga penting sekali dilakukan. Untuk perlengkapan bayi, Bunda sudah sepatutnya menyiapkan peralatan baby care seperti bedak bayi, lotion, sabun, shampo, dan lainnya. Namun, jika Anda masih bingung memilih produk perawatan bayi yang lengkap dan aman, gunakan saja baby care dari produk Zwitsal yang akan selalu memberikan kenyamanan dan kemanan kepada si bayi.

referensi artikelĀ https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/mengenal-makanan-pendamping-asi-bersama-dr-hanipurnamasari-msimed-spa